7 Cara Membersihkan Babat dan Menghilangkan Baunya

Tips membersihkan babat secara maksimal dan menghilangkan baunya. Dengan menggunakan baking soda, kapur sirih dan jeruk nipis.

7 Cara Membersihkan Babat dan Menghilangkan Baunya

Babat adalah jeroan dari perut sapi atau kambing yang sangat disukai masyarakat Indonesia. Akan tetapi jika babat tidak dibersihkan dan diolah dengan benar. Akan menghasilkan olahan yang kurang enak dan berbau tak sedap.

Daging babat kerap kita dapatkan ketika Hari Raya Idul Adha tiba. Di berbagai daerah biasanya membagikan daging qurban. Biasanya kita mendapatkan daging kambing, daging sapi, tulang maupun jeroannya.

Di artikel ini saya akan membagi tips dan trik cara membersihkan babat dengan benar. Babat akan bersih maksimal dan anti bau. Ayo baca dan pelajari cara membersihkan babat dan menghilangkan baunya dibawah ini.

1. Cuci Dengan Air Mengalir

Mencuci babat

Selalu cuci bersih bagian babat di luar dan dalamnya dengan air mengalir. Gosok bagian handuknya dengan tangan sampai kotoran terlepas dan hanyut.

Jangan mencuci babat dengan air yang menggenang. Karena kotoran yang luntur dari babat akan menempel pada bagian babat yang lain. Akibatnya babat bukan jadi bersih tapi malah jadi kotor dan berbau tak sedap.

Jika rumah para sahabat dekat dengan sungai. Lebih baik dicuci di sungai karena hal ini mempermudah untuk mencucinya.

Alat yang dibutuhkan adalah wadah dan saringan.

Bahan: 1 buah babat sapi atau kambing, beratnya kisaran 1 kg.

2. Buang yang Tidak Dibutuhkan

Membuang bagian babat

Buang lemak atau kotoran yang menempel pada babat. Biasanya kotorannya berwarna hijau. Jika para sahabat melihatnya langsung ambil atau potong dan buang. Karena di bagian yang kotor dan berwarna hijau itu penyebab babat berbau tidak sedap.

Setelah proses membuang bagian yang tidak perlu selesai. Bilas lagi babat dengan air mengalir agar babat selalu bersih.

Alat yang dibutuhkan adalah pisau dan talenan.

3. Kerok Dengan Sendok atau Pisau

Mengerok babat

Kerok bagian yang bentuk handuk atau sarang laba-laba dengan pisau atau sendok. Karena di bagian babat yang berbentuk handuk dan sarang laba-laba… Banyak sekali bakteri, parasit dan kuman yang menempel.

Metode mengerok babat dapat membersihkan babat secara maksimal. Juga membantu menghilangkan bau tak sedap pada babat. Ada beberapa tahap yang harus dilakukan untuk mengerok babat, dengan cara:

  • Pertama potong babat supaya bisa melebar agar mudah ketika di kerok
  • Kedua letakan babat diatas talenan lalu ambil sendok atau pisau dan kerok satu arah.
  • Ketiga, setelah babat di kerok. Langsung bilas dengan air mengalir di bagian luar dan dalamnya. Supaya kotorannya hanyut dan terlihat bagian babat mana yang belum bersih.

Ketika mengerok bagian handuk pada babat, handuk yang berwarna hitam akan terlepas. Tapi jangan khawatir karena handuk yang terlepas adalah bagian babat yang kotor. Dalam handuk babat terdapat sarang bakteri, parasit dan kuman yang menempel. Sehingga sangat dianjurkan untuk mengerok handuk babat dan membuang kotorannya.

Alat yang dibutuhkan adalah pisau, talenan dan sendok makan.

Baca juga: Resep Babat Gongso Khas Semarang

Baca juga: Resep Tongseng Torpedo Sapi

Baca juga: 10 Tips Membuat Pentol Bakso

Baca juga: Resep Paru Sapi Cabe Hijau

4. Gosok Menggunakan Garam Kasar

Menggosok babat dengan garam

Menggosok permukaan handuk atau sarang laba-laba pada babat dengan garam kasar, sangat dianjurkan. Karena hal ini membantu membersihkan babat dan membunuh kuman, bakteri dan parasitnya.

Cara menggosok babat dengan menggunakan garam kasar cukup mudah. Ada beberapa tahap yang perlu dilakukan dengan cara:

  • Pertama, lumuri garam kasar di permukaan handuk dan sarang laba-laba pada babat.
  • Kedua, lipat babat dan gesek-gesek selama 30 detik atau sampai 1 menit. Dengan begitu semua permukaan babat ikut tergosok dan garam mencair. Sehingga kotoran dan parasitnya luntur.
  • Terakhir, setelah proses menggosok selesai dan permukaan babat sudah bersih. Segera bilas dengan air mengalir di bagian luar dan dalamnya.

Bahan yang dibutuhkan garam krosok secukupnya.

5. Rendam Dengan Baking Soda atau Kapur Sirih dan jeruk nipis

Merendam babat

Setelah babat di kerok dan dicuci bersih. Segera rendam dengan baking soda atau kapur sirih. Kedua bahan tersebut membantu menghilangkan bau sekaligus membersihkan babat.

Cara merendam babatnya cukup mudah dengan cara:

  • Pertama, ambil wadah. Lalu masukan babat bersama 1 sdm baking soda, 1 buah air jeruk nipis dan air. Air yang dibutuhkan sampai babat tenggelam.
  • Kedua, kemudian aduk air dan babat hingga larut. Kemudian diamkan selama 30 menit
  • Terakhir, setelah 30 menit, cuci bersih babat dengan air mengalir dan tiriskan.

Bahan yang dibutuhkan untuk merendam babat adalah… Baking soda, air perasan dari 1 buah jeruk nipis dan air. Atau 1/2 liter air kapur sirih dan perasan 1 buah air jeruk nipis. Para sahabat bisa memilih salah satunya untuk merendam daging babatnya.

Bahan yang dibutuhkan baking soda dan jeruk nipis, atau air kapur sirih dan jeruk nipis.

6. Rebus Babat Dengan Rempah Rempah

Merebus babat

Merebus babat yang sudah bersih dengan rempah-rempah sangat dianjurkan sebelum di masak. Karena dengan melakukan metode ini babat akan mendapatkan aroma yang harum dan sedap.

Agar masakan babat beraroma harum dan sedap. Rebus babat dengan jenis rempah-rempah seperti di bawah ini:

  • Jahe, memarkan
  • Kunyit, memarkan atau haluskan
  • Kayu manis, bubuk atau utuh
  • Serai, memarkan
  • Laos, memarkan
  • Daun jeruk, remas
  • Daun salam, remas

Cara merebusnya cukup mudah, ambil panci lalu masukan air dan rempah-rempah. Kemudian didihkan dan masukan babat, masak selama 30 menit atau 1 jam. Kemudian angkat, cuci bersih dan potong-potong.

Babat yang sudah di potong-potong bisa direbus lagi agar baunya yang tajam hilang. Para sahabat juga bisa mengganti air rebusannya hingga 2 sampai 3x. Agar aromanya sedap dan tekstur babatnya empuk. Sehingga menghasilkan olahan babat yang lezat.

Para Sahabat bisa menggunakan 3-7 dari jenis rempah-rempah di atas ketika merebusnya. Sesuaikan saja dengan keinginan dan persediaan bahan dapur dirumah. ^^

Alat yang dibutuhkan adalah panci dan centong sayur.

7. Masak Dengan Bumbu Aromatik

Rempah-rempah

Ketika memasak babat gunakan rempah-rempah dan bumbu yang banyak. Misalnya dimasak bumbu kuning, soto, gongso dsb. Karena bumbu ini juga membantu menghilangkan bau pada daging babat. Juga dapat membuat babat terasa sangat enak ketika dinikmati.

Tapi tidak usah khawatir ya… Para sahabat juga bisa memasaknya tanpa bumbu aromatik. Karena jika sudah melalui 6 proses cara membersihkan babat diatas. Babat sudah bersih sempurna dan tidak berbau tajam. Jadi para sahabat bisa memasaknya langsung dengan nasi atau mie goreng.

Demikian artikel resep dari saya, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Jika ada yang ingin disampaikan dan ditanyakan, bisa meninggalkan komen di kolom komentar. Sampai jumpa di artikel selanjutnya dan jangan lupa bantu share ya :)
comments powered by Disqus