6 Cara Memasak Tumis Buncis Agar Renyah dan Tetap Hijau

6 Cara memasak tumis buncis yang benar. Bertekstur renyah dan berwarna hijau. Baca dan simak tips dan triknya di sini.

6 Cara Memasak Tumis Buncis Agar Renyah dan Tetap Hijau

Memasak buncis adalah hal yang mudah jika para sahabat mengetahui cara memasaknya. Disini saya akan berbagi bagaimana cara memasak buncis yang benar dan enak. Tentu saja tanpa menghilangkan nutrisi dan vitamin nya.

1. Memilih Jenis Buncis

Buncis hijau

Pilihlah jenis buncis yang muda, segar dan berwarna hijau. Jangan memilih buncis yang sudah tua dan keriput. Agar ketika buncis dimasak hasil masakannya enak, tampilannya menarik dan teksturnya renyah.

Jika memilih buncis yang tua, teksturnya akan berserat dan tidak renyah. Sehingga ketika memakannya rasanya kurang begitu enak.

2. Rebus Dengan Air Garam

Merebus buncis hijau

Merebus buncis dengan air dan garam terlebih dahulu sangat disarankan. Karena bisa menghasilkan tekstur buncis renyah dan berwarna hijau.

Cara merebusnya cukup mudah. Didihkan air, masukan 1 sdt garam lalu masukan buncis dan rebus selama 1 menit. Kemudian angkat dan tiriskan.

Jangan merebus buncis terlalu lama. Agar buncis tidak keriput dan tetap bertekstur renyah. Karena setelah direbus nanti akan dimasak lagi.

3. Menghentikan Proses Pematangan

Buncis hijau dalam air es

Setelah buncis direbus dan ditiriskan, segera rendam dalam air es. Metode tersebut bekerja untuk menghentikan proses pematangan pada buncis. Sehingga buncis tidak lembek dan bertekstur renyah.

Selain air es. Para sahabat juga bisa menghentikan proses pematangannya dengan air dingin. Caranya cukup mudah… setelah buncis diangkat masukan kedalam wadah. Kemudian siram buncis dengan air mengalir hingga buncis menjadi dingin.

Baca juga: Resep Tumis Buncis Bawang Putih ala Resto

Baca juga: Resep Oseng Buncis Tempe

Baca juga: 7 Cara membersihkan Babat dan Menghilangkan Baunya

4. Masak Dengan Api Besar

Tumis Buncis Hijau

Memasak buncis agar bertekstur renyah dengan tampilan menarik. Gunakan api besar dan terus diaduk agar matang merata di semua sisi. Para sahabat bisa menumis buncis dengan api besar selama 1-2 menit saja.

5. Gunakan Air Panas

Air Panas

Biasanya ketika kita menumis buncis dan mengaduknya dalam wajan. Buncis akan terasa kering dan kita merasa perlu menambahkan sedikit air.

Jika ingin menambahkan air, sebaiknya gunakan air panas jangan menggunakan air dingin. Agar proses memasaknya lancar dan tidak menghambat atau mengganggu proses memasakannya.

6. Masukan Penguat Rasa Diakhir

Tumis Buncis Hijau

Penguat rasa atau penambah rasa lebih baik dimasukan diakhir memasak. Bahan seperti garam, gula dan penyedap rasa. Mudah dan cepat gosong jika dimasak dengan api besar.

Jika ingin memasukan gula, garam dan penyedap rasa, kecilkan apinya terlebih dahulu. Kemudian masukan bahan penguat rasa lalu aduk-aduk, koreksi rasanya dan angkat.

Demikian artikel resep dari saya, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Jika ada yang ingin disampaikan dan ditanyakan, bisa meninggalkan komen di kolom komentar. Sampai jumpa di artikel selanjutnya dan jangan lupa bantu share ya :)
comments powered by Disqus