5 Cara Merebus Telur Agar Tidak Pecah dan Mudah Dikupas

Cara mengupas telur rebus supaya mulus. Baca selengkapnya disini untuk memilih, merebus dan mengupas telurnya.

5 Cara Merebus Telur Agar Tidak Pecah dan Mudah Dikupas

Mengupas telur untuk menghasilkan telur yang halus cukup sulit. Sebab, untuk menghasilkan kupasan telur yang mulus ada beberapa tahapan yang harus dilakukan. Jika hanya direbus dan dikupas kulit telurnya akan menempel pada putih telurnya.

Tapi para sahabat jangan khawatir, saya punya tips dan triknya. Dari mulai memilih, merebus dan mengupas telur. Baca baik-baik artikel di bawah ini.

1. Pilih Jenis Telur yang Bagus dan Hindari yang Busuk

Telur

Pilih telur ayam yang berwarna pekat dan cerah. Kadang ada juga telur yang terlihat pucat dan mempunyai bintik-bintik. Tapi itu bukan berarti telur tidak bagus. Karena telur yang sudah lama akan terlihat kusam dan keruh.

Ciri-ciri telur yang tidak bagus juga bisa dipilih dengan cara mengguncang telurnya. Caranya cukup mudah, ambil 1 butir telur lalu goyang perlahan. Jika telur mengeluarkan bunyi berarti telur sudah lama dan tidak bagus untuk dikonsumsi.

Telur yang bagus mempunyai putih telur yang mengikat kuning telur sangat rapat didalam. Sehingga ketika diguncang atau dikocok perlahan tidak akan mengeluarkan bunyi.

Selain metode diatas. Para sahabat juga bisa memilih telur yang bagus dari mencium aroma telurnya. Para sahabat bisa mengambil satu butir telur dan cium baunya. Jika berbau tak sedap atau busuk berarti telurnya tidak layak dikonsumsi.

2. Rendam Telur Dengan Air Hangat Jika Baru Diambil Dari Kulkas

Telur direndam air hangat

Jika para sahabat menggunakan telur yang baru diambil dari kulkas. Sangat dianjurkan untuk merendamnya dengan air hangat selama 15 menit. Agar telur tidak dingin lagi dan mempunyai suhu ruang.

Telur yang baru diambil dari kulkas dan langsung direbus bisa pecah-pecah. Karena suhu dingin dan suhu panas saat bertemu akan bertabrakan. Sehingga cangkang telur yang tipis dan dingin sangat rapuh jika langsung direbus.

Jika para sahabat menyimpan telur dalam suhu ruang. Para sahabat tidak perlu melakukan metode diatas. Langsung saja rebus telurnya.

Baca juga: 10 Tips dan Cara Membua Pentol Bakso Padat dan Kenyal

Baca juga: 7 Cara Membersihkan Babat Dan Menghilangkan Baunya

Baca juga: 6 Cara Memasak Tumis Buncis Agar Renyah dan Tetap Hijau

3. Cara Merebus Telur Dengan Benar

Merebus telur

Rebus air hingga mendidih bersama 1 sdt garam. Air yang dibutuhkan hingga semua bagian telur tenggelam. Lalu masukan telur secara perlahan dengan sendok agar tidak pecah. Kemudian rebus selama 10 menit dengan api sedang.

Penambahan garam dalam merebus telur ayam, berguna untuk membantu mempermudah proses pengupasan. Karena garam membuat cangkang kulit telur menjadi tipis sehingga mudah dikupas. Selain garam, para sahabat juga bisa menggunakan 1 sdt baking soda.

Merebus telur ayam selama 10 menit menghasilkan telur yang matang sempurna. Sedangkan merebus telur ayam selama 6-7 menit menghasilkan telur yang setengah matang. Para sahabat bisa merebus telurnya sesuai keinginan tekstur telur yang diinginkan. Mau telur yang matang sempurna atau setengah matang?…

4. Rendam Dengan Air Dingin

Menrendam Telur dengan air dingin

Setelah telur selesai direbus langsung angkat dan rendam dengan air dingin. Para sahabat juga bisa menggunakan air es jika tersedia. Rendam semua bagian telur hingga telur bersuhu dingin dan tidak panas lagi.

Metode diatas membantu mempermudah proses pengupasan pada telur. Karena suhu panas yang bertemu suhu dingin membuat cangkang telur mudah terkelupas. Sehingga hasil telur kupas menjadi bagus dan mulus.

5. Mengupas Telur

Mengupas Telur Mulus

Benturkan perlahan ujung telur. Lalu gulung telur sambil sedikit menekan bagian kulit telur yang belum retak. Setelah semua bagian cangkang telur retak, kupas telur didalam air. Cara mengupas telur dimulai dari bagian ujung cangkang telur. Kemudian teruskan ke bagian samping dan bawah ujung telur.

Mengupas telur dalam air membantu melonggarkan cangkangnya. Untuk memecahkan kulit telur, Para sahabat dapat menggunakan benda padat apa pun. Misalnya, perlahan-lahan membenturkan telur ke sendok, talenan, atau meja.

Demikian artikel resep dari saya, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Jika ada yang ingin disampaikan dan ditanyakan, bisa meninggalkan komen di kolom komentar. Sampai jumpa di artikel selanjutnya dan jangan lupa bantu share ya :)
comments powered by Disqus