10 Tips Cara Membuat Pentol Bakso Padat dan Kenyal

Berbagi teknik, tips dan cara membuat pentol bakso yang benar. Simak bagaimana cara membuat pentol bakso yang padat dan kenyal, anti gagal.

10 Tips Cara Membuat Pentol Bakso Padat dan Kenyal

Pentol bakso adalah salah satu menu favorit masyarakat Indonesia. Bentuk bulat terbuat dari bola-bola daging, makanan terfavorit di Indonesia. Kupas tuntas disini tentang tips membuat pentol bakso yang kenyal.

Banyak orang ingin membuat bakso yang kenyal dan padat tapi gagal. Baksonya jadi lembek dan rasanya jadi tidak enak. Semua ini terjadi karena minimnya pengetahuan cara membuat bakso dengan benar.

Saya akan berbagi pengalaman saya tentang membuat bakso. Kebetulan memasak bakso adalah salah satu hobi saya. Jadi saya akan berbagi tips membuat bakso berdasarkan pengalaman saya sendiri.

10 Tips Cara Membuat Pentol Bakso Anti Gagal

Setiap di sore atau malam hari saya rutinan jajan bakso karena sudah ketagihan. Kebetulan masa kecil saya tumbuh di kota Malang. Sekarang saya sudah tidak tinggal di kota Malang lagi. Sekarang saya membuat pentol bakso sendiri, saya suka bakso enak, padat dan kenyal.

Simak tips membuat pentol bakso yang simple dan mudah dimengerti di bawah ini :)

1. Cara Memilih Daging

daging segar

Membuat bakso yang padat dan kenyal, terdapat pada pemilihan dagingnya. Pilihlah daging yang segar dengan kualitas bagus agar rasa dan teksturnya sempurna. Berikut pemilihan jenis daging dan jeroan untuk membuat aneka bakso:

  • Membuat pentol bakso sapi halus. Membutuhkan daging sapi murni tanpa serat atau lemak. Bisa menggunakan daging bagian paha, khas dalam maupun khas luar.
  • Lalu membuat pentol bakso ayam halus, membutuhkan dada/paha ayam fillet tanpa kulit.
  • Kemudian, membuat bakso urat daging sapi. Membutuhkan tetelan, hati sapi, urat pergelangan kaki dan betis sapi. Bagian betis sapi sangat baik untuk membuat bakso urat. Karena bagian itu mengandung lebih sedikit lemak dan banyak uratnya.
  • Selanjutnya membuat pentol bakso ayam halus, dibutuhkan dada atau paha ayam fillet tanpa kulit.
  • Terakhir bikin pentol bakso seafood. Membutuhkan semua jenis daging ikan berwarna putih, cumi-cumi, udang dan kepiting. Terkecuali kakap merah sangat enak dibuat pentol bakso ikan.

2. Cara Memilih Tepung

tepung

Gunakan tepung tapioka, tepung sagu dan tepung maizena. Semua jenis tepung ini bisa mengikat air dalam adonan. Sehingga membuat tekstur pentol menjadi padat dan kenyal.

Perlu diingat, jangan menggunakan tepung maizena terlalu banyak dalam adonan pentol. Tepung maizena hanya untuk sedikit campuran saja agar kenyal. Jika terlalu banyak memasukan tepung maizena, adonan pentol akan menjadi agak lembek. Jika menggunakan 1 kg daging bisa menggunakan 50 gr tepung maizena.

3. Gunakan Bahan Pengenyal

baking powder

Menggunakan bahan pengenyal sangat wajib untuk membuat pentol bakso. Pengenyal berperan penting agar tekstur bakso menjadi padat, kenyal dan mengembang. Gunakan bahan pengenyal seperti:

  • Baking powder
  • STTP
  • Karagenan
  • Mix phos

Selain bahan jenis pengenyal diatas, telur juga wajib digunakan untuk membuat pentol bakso. Fungsi telur juga mengikat adonan pada bakso agar menyatu dan kuat. Telur juga berfungsi membuat penampilan bakso terlihat lebih bagus.

Baca juga: Sup Bakso Ikan

Baca juga: Bakso Urat Ati Ampela

Baca juga: Pentol Bakso Ayam

4. Pilih Tepung Pengenyal Bakso atau Perenyah Bakso

Menggunakan pengenyal dan perenyah juga sangat berperan penting membuat bakso. pengenyal dan perenyah ini salah satu alasan pentol bakso menjadi padat kenyal. Gunakan tepung pengenyal dan perenyah seperti:

  • Sobaso pengenyal bakso
  • Probakso perenyah bakso
  • Cap bakso super pengenyal bakso
  • Si kenyal pengenyal bakso
  • Sae mas tepung adonan bakso
  • Mama suka pengenyal bakso

Tepung pengenyal dan perenyah fungsinya sama saja. Jika ingin membuat adonan pentol bakso, pilih tepung diatas salah satunya. Anda bisa membaca contoh resep bakso ayam rasa sapi yang menggunakan tepung pengenyal.

5. Gunakan Garam

Garam

Membuat adonan pentol wajib menggunakan garam. Karena garam berfungsi untuk menambah cita rasa dan sebagai pengawet alami. Menggunakan garam juga berfungsi menyerap kandungan air pada adonan pentol bakso.

Garam bersifat higroskopis dan osmotik. Jadi disebut higroskopis karena garam menyerap air pada adonan pentol bakso. Garam disebut osmotik karena garam juga menyerap air di dinding sel bakteri. Sehingga proses ini menjadikan plasmolisis yang memecahkan dinding sel bakteri.

6. Bumbu Bakso yang Lengkap

Adapun bumbu yang digunakan untuk membuat pentol yakni:

  • Bawang putih dan bawang merah goreng
  • Bawang putih goreng
  • Lada putih
  • Penyedap rasa
  • Garam
  • Perasa daging

Bumbu di atas wajib untuk digunakan saat membuat adonan pentol bakso. Mengenai perbandingan bumbunya Anda bisa membaca resepnya disini

Baca juga: Bakso Urat Jantung Ayam

Baca juga: Bakso Urat Sapi

Baca juga: Cilok Kuah Pedas

7. Gunakan Es Batu

es batu

Menggunakan es batu ketika menggiling daging wajib dilakukan. Karena waktu daging digiling, suhu pada mesin gilingan akan naik dan menjadi panas. Menggunakan es batu saat menggiling adonan, agar suhunya tetap rendah.

Kondisi mesin penggilingan yang panas, dapat menyebabkan protein pada daging rusak. Jika tidak menggunakan es batu waktu menggiling daging. Hasilnya pentol bakso menjadi gagal dan rasanya tidak enak.

8. Perbandingan Mencampurkan Bahan

Tepung di timbangan
  • 1 kg daging gunakan sekitar 250 gr tepung tapioka/sagu. Jika ingin pentol yang kress gunakan 50-100 gr tepung tapioka/sagu.
  • 1 kg daging gunakan sekitar 500 gr es batu. Perlu diingat es batu digunakan sesuai dengan situasi dan kondisi (menurut perasaan). Jika merasa kurang, bisa ditambahkan es batunya. Jika merasa kebanyakan bisa dikurangi es batunya.
  • 1 kg daging gunakan sekitar 1/2-1 sdt baking powder
  • 1 kg daging gunakan sekitar 1-2 butir telur. Menggunakan telur ayam bisa diambil putihnya saja. Juga bisa menggunakan bersama kuningnya, menurut saya sama saja.

Baca juga: Pentol Cilok Ayam

9. Gunakan Air Panas Bukan Air Mendidih

air panas

Rebus air hingga mendidih. Setelah mendidih matikan api, lalu masukan bulatan pentol. Hal ini menjaga tekstur pentol tetap padat dan kenyal.

Ketika memasukan bulatan pentol pada air panas, suhu akan menurun. Jika air tidak panas lagi dan tekstur pentol belum padat. Bisa nyalakan kompor dan masak air dengan api kecil untuk membuat air panas lagi. Perlu di ingat, jangan sampai air mendidih agar bulatan pentol tidak rusak.

Baca juga: Cara Memasak Sayur Sop Bakso yang Gurih dan Enak

10. Siram Dengan Air Es

pentol

Jika pentol bakso sudah mengapung dan teksturnya sudah kokoh dan padat. Segera angkat pentol bakso dan siram/rendam dengan air es. Hal ini untuk menghentikan proses memasak pada pentol. Sehingga kepadatan dan kekenyalan pentol bakso tetap terjaga.

Pentol bakso yang sudah dingin bisa dimasak lagi. Boleh dimasak dengan kuah bakso atau dikukus sesuai selera.

Baca juga: Resep Bumbu Kuah Bakso Sapi Mantap dan Terbaik

Penutupan

Pentol bakso bisa disimpan di dalam freezer dan bertahan sampai 6 bulan. Dengan cara masukan pentol ke dalam tupperware atau tempat kedap udara. Tutup rapat lalu masukan kedalam freezer.

Demikian artikel resep dari saya, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Jika ada yang ingin disampaikan dan ditanyakan, bisa meninggalkan komen di kolom komentar. Sampai jumpa di artikel selanjutnya dan jangan lupa bantu share ya :)
comments powered by Disqus